Langsung ke konten utama

Mengekspresi Diri Melalui Karya Seni Teater

Mengekspresi Diri Melalui Karya Seni Teater


Teater merupakan sebuah media untuk mencurahkan berbagai ekspresi diri melalui berbagai latihan. Latihan dalam teater dilakukan dengan cara mengolah tubuh, mengolah pikir, dan mengolah suara. Perpaduan di antaranya membentuk sinergitas yang akan menyokong berbagai unsur pertunjukan teater seperti naskah, pemain, dekorasi panggung, tata rias, tata busana, dan musik pengiring. Kesinergisan dalam pertunjukan teater akan tercipta jika semua komponen/unsurnya bekerja sama dengan baik, Apa sebenarnya prinsip kerja sama dalam berteater itu?

Setelah mendalami Mengekspresi Diri Melalui Karya Seni Teater, diharapkan anda dapat mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara. Selain itu, kamu juga diharapkan dapat merancang pertunjukan teater daerah setempat dan menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater.

Pemain merupakan hal yarig paling penting dalam pertunjukan teater. Oleh karena itu, kesungguhan dan penghayatan pemain dalam memerankan suatu tokoh dalam drama sangat diperlukan. Seorang aktor teater yarig baik adalah aktor yang tidak hanya bisa berdialog, melainkan bergerak. Dialog yang baik ialah dialog yang terdengar (volume baik), jelas (artikulasi baik), dimengerti (lafal benar), dan menghayati (sesuai dengan tuntutan/jiwa peran yang ditentukan dalam naskah). Sementara itu, gerak yang baik ialah gerak yang terlihat (blocking baik), jelas (tidak ragu ragu, meyakinkan), dimengerti (sesuai dengan hukum gerak dalam kehidupan), dan menghayati (sesuai dengan tuntutan/jiwa peran yang ditentukan dalam naskah).

Untuk dapat memerankan tokoh dengan baik, banyak latihan yang harus dijalani oleh pemain di antaranya latihan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara.

Teknik Olah Tubuh

Olah tubuh (bisa juga dikatakan senam), sangat perlu dilakukan sebelum kita meng-adakan latihan atau pementasan. Dengan berolah tubuh, kita akan mendapat keadaaan atau kondisi tubuh yang maksimal. Selain itu, olah tubuh juga mempunyai tujuan melatih atau melemaskan otot-otot kita supaya elastis, lentur, dan luwes agar tidak ada bagian bagian  tubuh    kita yang kaku selama latihan.
Teknik Olah Tubuh

Bagaimana pelaksanaan olah tubuh itu? Sebenarnya olah tubuh ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Hal yang dapat kamu lakukan dalam mengolah tubuh adalah sebagai berikut.

a. Perhatikan dan rasakan dengan segenap pancaindra yang kita punyai segala rahmat yang dianugerahkan Tuhan kepada kita. Dengan memakai rasa tersebut, kita perhatikan seluruh tubuh kita, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki.

b. Gerakkan tubuh dengan menjat.uhkan kepala ke segala arah. Lalu, putarlah searah jarum jam. Jika hal ini sudah dilakukan, putarlah bahu lalu rentangkan tangan. Lakukanlah gerakan seperti akan melakukan pemanasan dalam berolahraga.

Selain hal yang disebutkan di atas, kamu juga dapat melakukan gerakan berikut ini.

a. Latihan cermin

Dua orang berdiri berhadap-hadapan satu sama lain. Salah seorang lalu membuat gerakan dan yang lain menirukannya, persis seperti apa yang dilakukan temannya, seolah-olah sedang berdiri di depan cermin, Latihan ini dilakukan bergantian.

b. Latihan gerak dan tatap mata

Sama dengan latihan cermin, hanya waktu berhadapan mata kedua orang tadi saling tatap, seolah kedua pasang mata sudah saling mengerti apa yang akan digerakkan nanti.

c. Latihan melenturkan tubuh Seseorang berdiri dalam keadaan lemas.

Kemudian seorang lagi membantu mengangkat tangan temannya. Setelah sampai atas dijatuh-kan. Dapat juga sebelum dijatuhkan lengan/ tangan tersebut diputar-putar terlebih dahulu.

d. Latihan gerak bersama

Suatu kelompok yang terdiri atas beberapa orang melakukan gerakan yang sama seperti dilakukan oleh pemimpin kelompok tersebut, yang berdiri di depan mereka.

e. Latihan gerak mengalir

Suatu kelompok yang terdiri atas beberapa orang saling bergandengan tangan, membentuk lingkaran. Kemudian salah seorang mulai melakukan gerakan (menggerakkan tangan atau tubuh) dan yang lain mengikuti gerakan tangan orang yang menggandeng tangannya. Selama melakukan gerakan, tangan kita jangan sampai terlepas dari tangan teman kita. Latihan ini dilakukan dengan memejamkan mata dan konsentrasi sehingga akan terbentuk gerakan yang artistik.


Postingan Terbaru

Komentar

Copyright © Teater Seniman. All rights reserved.